F

5 Tips Merawat Jas Agar Tetap Awet dan Seperti Kondisi Baru Terus

ilustrasi (Jass Armeck)


Beberapa waktu yang lalu beredar isyu mengenai menyusutnya jas milik salahseorang anggota  DIRJEN HAM, Mualilim Abdi setela ia mencucikannya di jasa Loundry kiloan dekat kantornya.  kasus rusaknya jas seharga puluhan juta itupun menjadi perbincangan dan viral di media. apa sebabnya ini bisa terjadi?



pada umumnya, jas terbuat dari berbagai macam bahan kain, namun beberapa bahan yang paling nyaman digunakan adalah: wool, katun, Polyster, dan serat kain lain yang diberi partikel metal untuk mendapatkan efek mengkilau/ Glossy pada kain. 

diantara beberapa bahan jas tersebut, ada yang bisa dicuci menggunakan air dan ada pula yang hanya bisa dicuci dengan metode Dry Cleaning. diantara bahan yang paling sensitif jika terkena air adalah Wool, sebagaimana disebutkan oleh Richard Neale (Direktur LTC & DTC Konsultan Laundry dan Dry Cleaning Asal Inggris),  bahwa jas yang mengandung bahan wool bisa menciut setelah dicuci".

Lanjutnya, " Kombinasi gerakan mesin cuci dan pemakaian air bisa membuat serat-serat pada kain jenis wool berpaut satu sama lain, sehingga serat-serat tersebut menjadi kusut dan sulit bahkan tidak bisa meregang dan mengembang sebagaimana pada kondisi awalnya, sehingga jadilah terlihat menyusut". agar tidak terjadi hal serupa, lalu bagaimana cara perawatan jas Agar tetap Awet seperti kondisi baru terus?? berikut ulasannya kami rangkumkn sebagaimana dilansir Lifestyle Sindonews.

1. Jangan Terlalu Sering di Laundry

 agar jas anda tetap terjaga kulitasnya, sebaiknya jangan terlalu sering membawa jas anda ke loundry meskipun itu Dry Cleaning. karena jas yang memiliki serat-serat kain khusus, memiliki bagian mikro yang memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga sangat rentan rusak. bahkan beberapa pecinta jas wool menjawab bahwa mereka hanya me Laundry jas kesayangannya hanya beberapa kali dalam setahun.
tips nya: jika jas anda terkena sedikit noda di bagian kecilnya, jangan langsung antarkan ke laundry. anda bisa membersihkan bagian yang kotor dengan kain yang sedikit dibasahi, namun tetap harus dengan usapan yang lembut dan hati-hati.

2. Jangan Setrika Jas Anda

Jas terbuat dari bahan pilihan yang memiliki tekstur lembut sedangkan jika diletakan setrika diatasnya dengan suhu yang panas, maka akan merusak kain, seperti efek terbakar dan akan meninggalkan jejak putih dan mematikan serat lembut kain pada permukaan kain jas.  steaming atau uap adalah  cara yang tepat untuk menghilangkan kerut dan bau pada jas. atau jika anda tidak memiliki alat steam, anda bisa menambahkan lapisan kain yang sedikit basah diantara setrika dan jas anda. sehingga anda mendapatkan efek steam atau uap dari lapisan kain tersebut.

3. Hindarkan Dari Debu saat memakainya

Jas memang sangat nyaman digunakan dalam aktifitas harian kita, baik ketika menghadiri acara penting mupun saat bekerja di kantor sehari-hari. namun, satu hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan jas adalah jas mudah ditmpeli debu dan kotoran halus dikarenakan seerat lembut pada bahan jas anda. maka sangat disarakan ketika anda akan menghadiri acara di tempat yang lumayan jauh, dianjurkan supaya jangan pakai jasnya mulai dari rumah namun anda bisa menyimpan nya di tas khusus jas agar terhindar dari debu.














atau jika acara anda memang diluar ruangan, maka anda bisa memeiksanya sendiri setelah memakai sebelum menyimpannya, jita terdapat debu maka anda bisa membersihkan nya terlebih dahulu dengan sikat gigi yang ujungnya lembut, atau jika susah membersihkannya, anda bisa menggunakan lint roller untuk mengangkat partikel kecil yang sulit dijangkau dengan sikat.

4. Simpan di Tempat Yang Kering dan Hangat

ketika anda tidak menggunakan jas dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya gantung jas di tempat yang kering dan terpisah dengan baju anda lainnya. tujuannya adalah untuk menjaga suhu dan kekeringannya, karena jika jas disimpan dalam kondisi lembab atau tempat yang lembab maka akan memungkinkan jas ditempeli oleh jamur jahat yang akan mengurangi kualitas jas.

untuk menambah kemanan nya anda bisa menggunakan Hanger berbahan kayu alami. karena kayu akan menyerap kelembaban pada serat kain jas yang disimpan dalam waktu yang lama. untuk mengurasi resiko ditempeli debu yang mungkin ada di ruangan, maka anda bisa membungkusnya dengan cover khusus pakaian saat menggantungkannya.



5. Pakai Bergantian dengan jas anda yang lain

dalam beberapa pilihan jas yang anda miliki pasti anda sangat memfavoritkan salah satu dari beberapa jas tersebut. bisa karena jas itu paling mahal, paling bagus modelnya, ataupun ada kenangan tersendiri yang terkandung didalamnya.. dengan begitu kamu pasti sangat ingin untuk memakainya terus menerus setiap kali ada acara.
tapi harus diingat bahwa, semakin sering jas dipakai maka akan semakin berkurang kualitasnya sedikit demi sedikit. meskipun dengan perawatan yang maksimal anda lakukan, akan tetap demikian.. maka dari itu ada baiknya anda menggunakannya bergantian dengan jas lain yang anda miliki, sehingga dapat semakin memperpanjang umur pemakaiannya.

demikian lah 5 TIPS MERAWAT JAS AGAR TETAP AWET DAN SEPERTI BARU ala JassArmeck. semoga tips ini mudah untuk diterapkan dan bisa bermanfaat untuk jass lovers sehingga bisa memperhemat pengeluaran biaya perawatannya dan mejaga jas supaya tetap awet dan seperti baru..

jika anda sedang akan mengadakan acara di daerah yogyakarta namun tidak ada waktu mempersiapkan jas, bisa langsung saja menghubungi kami Jass Armeck, jasa persewaan lengkap di jogjakarta tersedia berbagai pilihan dari low entry hingga premium class...
akan membantu anda untuk tampil seperti saat menggunakan jas favorit anda..

terimakasih.. www.jas-armeck.com



1 comment:

Pages

Created By Dede Armeck | Distributed By google