F

5 Langkah Mudah Mencuci Jas yang Benar : CARA mencuci jas mudah. anda bisa lakukan dirumah



Mencuci jas memang bukan sesuatu yang biasa diketahui karena jas memang salahsatu jenis pakaian yang jarang penggunaannya dan memiliki karakter tersendiri. biasanya jas hanya digunakan dalam acara-acara resmi saja dan jarang digunakan untuk kegiatan keseharian, khususnya kita masyarakat Indonesia.

oleh karena itu, tidak heran juga kalau belum banyak yang tahu cara mencuci jas yang baik dan benar, menyetrika atau bahkan perawatannya.

kebanyakan dari kita mungkin akan memilih untuk mengantarkan jas yang kotor ke jasa binatu karena belum tahu cara mencucinya, ya meskipun dengan harga yang harus dikeluarkan tidaklah murah.

namun jika anda memiliki beberapa koleksi jas, sebaknya anda harus tahu cara mencuci dan perawatannya agar jas yang anda miliki tetap bisa awet dan terjaga kualitasnya. memang benar, saat ini sudah banyak jasa binatu yang bisa kita temui, apalgi di beberapa kota besar, namun jika anda dalam kondisi kepepet dan harus mencucinya sendiri? apa boleh buat.. kan

beberapa langkah mudah berikut bisa anda coba dirumah, karena mencuci dan merawat jas tidaklah sesulit yang difikirkan kebanyakan orang. 

Tips Mencuci

untuk mendapatkan hasil terbaik dan menjaga kualitas bahan jas, alangkah lebih baiknya dicuci dengan tangan langsung. karena menggunakan mesin cuci akan menimbulkan beberapa efek yang akan membekas di jas, salahsatunya kusut atau berbulu.

tapi boleh saja mencuci dengan mesin, asalkan sudah ada fitur Delicate pada mesin cuci anda, yang hampir setara dengan mencuci menggunakan tangan.

Langkah mudah mencuci jas yang benar

1. selalu perhatikan label jas


pada label jas biasanya disertakan beberapa keterangan penting mengenai cara perawatan dan hal yang harus dihindari untuk jas terseebut. pastikan pada label jas terdapat tulisan Washable. jika ada maka anda bisa melanjutkan mencucinya sampai beres.

namun jika tidak ada tulisan seperti itu biasanya ada tulisan: Dry Cleaning Only artinya jas ini hanya bisa dicuci dengan Dry clean, atau cuci uap. 
berikut tips mudah cuci uap.

sselanjutnya ikuti semua aturan yang ada pada label jas anda mulai dari suhu air yang harus digunakan sampai proses pengeringannya.

2. Cuci jas terpisah dari yang lain

kamu pasti gak mau kan, jas kesayanganmu warnanya berubah atau ada noda warna karena lunturan baju lain??
biar itu gak terjadi saat kamu ingin mencucinya, maka kamu harus lakukan ini



ini sangat penting anda lakukan untuk menjaga kualitas kain jas agar tetap seperti semula. hindari dari kain berwarna yang akan muncul kemungkinan luntur yang akan sangat mengganggu penampilan jas anda.

pastikan anda menggunakan wadah khusus saat mencuci jas, jika menggunakan mesin, maka anda harus mengisingkan nya dari cucian baju lain. agar mengrangi resiko kusut yang berlebihan.

3. Cuci sebagian kecil saja

bagi anda yang khawatir akan kerusakan jas setelah mencucinya, maka anda sebaiknya hanya mencuci sebagian kecil saja yang terdapat kotoran nya. hal ini juga untuk mempersingkat proses perapihannya kembali setelah mencuci.

berihkan noda yang menempel tersebut deengan sikat gigi yang lembut. dan deterjen cair agar memudahkan proses pembersihan.

gosok seperlunya saja, sampai nodanya hilang, lalu bilas dengan menggunakan air bersih pada bagian yang digosok tadi.

4. Jemur jangan langsung dibawah sinar matahari

sinar ultraviolet kalau dibiarkan terlalu lama pada bahan baju tertentu akan berakibat mengurangi kualitasnya. seperti warna pudar atau kurang baik.

untuk menghindari hal itu, jemurlah jas anda pada bagian yang tidak terkena sinar matahari langsung, atau boleh hanya diangin-anginkan. 

tapi pastikan juga jas nya akan kering sempurna, karena kalau tidak kering, maka akan menimbulkan jamur dan akan tetap merusak jas secara perlahan.

jangan lupa untuk membalik jas, yaitu bagian permukaan jas didalam dan jas bagian dalam di luar saat menjemur. agar permukaan jas tetap baik dan aman.

5. setrika dengan menggunakan lapisan kain

akan lebih mudah jika anda memiliki setrika uap dirumah, anda tinggal menguapi nya setelah jas kering dijemur.

tapi jika anda tak punya setrika uap, pakai setrika biasapun jadi, anda bisa menambahkan kain untuk melapisi bagian atas jas saat disetrika. kain diltakan dantara setrika dan jas. manfaatnya adalah, agar jas tidak langsung terkena panasa dari besi setrika. agar wana kain tidak langsung mati (mengkilap seperti terbakar)


No comments:

Post a Comment

Pages

Created By Dede Armeck | Distributed By google